8 Aplikasi Pembelajaran Online Terbaik Paling Diminati, Gratis

Aplikasi Pembelajaran Online

Aplikasi Pembelajaran Online

Sebuah survei dari Deloitte menunjukkan kepada kita bahwa 75% guru percaya bahwa pembelajaran digital akan sepenuhnya menggantikan buku teks cetak dalam 10 tahun ke depan.

Jika berlangsung terus-menerus maka pembelajaran di kelas menggunakan kertas berangsur menghilang. Aplikasi pembelajaran online atau sistem manajemen pembelajaran sedang booming. Apakah sekolah Anda siap untuk perubahan ini dan apa pengganti yang mungkin untuk kelas kertas ini?

Dalam artikel Tentangilmu ini akan disajikan tentang 8 aplikasi pembelajaran online terbaik yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran online di masa pandemi.

Aplikasi pembelajaran online terbaik di seluruh dunia (tanpa urutan tertentu)

1. Canvas

Kanvas. Dapat beradaptasi, andal, dapat disesuaikan, mudah digunakan, seluler, dan hemat waktu. Canvas dirancang untuk mempermudah Anda melakukan pekerjaan Anda. Apa artinya? Canvas memastikan Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk mencari tahu cara kerja aplikasi ini dan. Setiap fitur dan antarmuka terbaru dibuat untuk menghemat waktu dan tenaga Anda serta membuat proses belajar-mengajar lebih mudah.

Apakah Canvas tidak cukup untuk berpikir inovatif? Anda dapat dengan mudah memasang aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda membuat materi pelajaran interaktif.

Canvas telah membangun sistem aplikasi untuk memudahkan guru dan siswa bereksperimen dan mengadaptasi teknologi baru ke dalam pembelajaran mereka. Akhirnya, Canvas memiliki berbagai fitur pembelajaran jangka panjang. Selain fitur dasar seperti berbagi tugas, penilaian, alat penilaian, pemberitahuan, pemberian umpan balik, dll., aplikasi tersebut juga memiliki mesin pelaporan analitik grafis. Analytics memungkinkan pengajar mengukur efektivitas pemebelajaran, melihat hasil pembelajaran, dan mengintervensi saat siswa membutuhkan bantuan ekstra. Canvas banyak digunakan di sekolah menengah dan sekolah menengah atas serta perguruan tinggi dan universitas.

2. Moodle

Moodle adalah salah satu sistem manajemen pembelajaran online gratis yang paling diminati. Aplikasi ini memberi pendidik solusi secara terbuka untuk e-learning yang terukur, dapat disesuaikan, dan aman. Ini digunakan di seluruh dunia dan memiliki banyak pilihan aktivitas yang tersedia:

  • Atur dan tampilkan kursus seperti yang Anda inginkan di dasbor dan lihat sekilas tugas dan pesan saat ini.
  • Moodle memungkinkan Anda untuk bekerja dan belajar bersama di forum, wiki, glosarium, aktivitas basis data, dan banyak lagi.
  • Alat kalender membantu Anda melacak kalender akademik, jeda pemebelajaran, dan pertemuan kelompok.
  • Anda juga dapat menarik dan melepas file dari layanan penyimpanan cloud termasuk MS OneDrive, Dropbox, dan Google Drive.
  • Memformat teks dan menambahkan media dan gambar sangat mudah dengan editor yang berfungsi di semua browser dan perangkat web.
  • Notifikasi memungkinkan pengguna untuk menerima peringatan otomatis tentang tugas dan tenggat waktu baru, postingan forum, dan pesan pribadi satu sama lain.

Ini hanya fitur umum. Lihatlah fitur administrasi dan pengembangan kursus serta fitur manajemen.

Tampilan Antarmuka Moodle mudah dinavigasi di desktop dan perangkat seluler. Ada satu masalah yang biasa dikeluhkan bahwa guru terus mengatakan aplikasi ini sudah ketinggalan zaman.

3. Edmodo

Edmodo adalah jaringan pendidikan global kedua yang menyediakan alat komunikasi, kolaborasi, dan pelatihan untuk memungkinkan semua siswa mencapai potensi belajar mereka sepenuhnya.

Pendidik berada di pusat jaringan menarik yang menghubungkan mereka dengan rekan guru, siswa, administrator, dan bahkan orang tua. Edmodo dirancang untuk melindungi privasi siswa dan guru. Mereka menyediakan platform yang aman di mana guru dan siswa dapat terhubung dan berbagi materi pembelajaran, memanfaatkan konten dan aplikasi pendidikan.

Guru Edmodo yang berpengalaman mengatakan itu sangat bagus untuk diskusi, tetapi sedikit lebih rumit untuk mengatur konten pembelajaran Anda. Aplikasi ini sering dibandingkan dengan Facebook, tetapi dalam lingkungan yang aman dan terkendali yang sesuai untuk sekolah.

Edmodo juga menawarkan alat yang memungkinkan kepala sekolah dan guru untuk menggunakan analitik yang kuat, memberikan pengembangan profesional, meningkatkan hasil pembelajaran dengan penilaian formatif yang sering, dan menyusun semua isi kurikulum pendidikan mereka.

4. Schoology

Schoology adalah sistem manajemen pembelajaran untuk sekolah menengah atas, perguruan tinggi, bahkan perusahaan.

Mengelola kelas Anda, membuat dan mengirimkan tugas, berpartisipasi dalam diskusi interaktif, melakukan penilaian, berkolaborasi dengan rekan-rekan Anda hanyalah beberapa manfaat dari Schoology.

Schoology adalah platform online yang aman dengan satu tujuan: menghubungkan orang untuk belajar. Guru dapat membuat, mengelola, dan berbagi informasi dan materi dengan siswa mereka. Siswa menerima tugas kelas yang diberikan dan dapat menautkan ke bacaan dan panduan yang diberikan oleh guru mereka. Schoology juga memberikan kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman sekelas, dan mengerjakan kegiatan belajar dengan kecepatan mereka sendiri.

5. Sakai

Sakai adalah platform sumber belajar online terbuka 100%. Dengan berbagai fitur, Sakai menyediakan alat yang diperlukan untuk guru, siswa, peneliti untuk membangun kelas online yang baik. Perangkat inti standar Sakai memberikan kemampuan diskusi, pengumuman, pengiriman pesan, manajemen file, pengiriman tugas, penilaian, buku nilai, dan banyak lagi. Sakai menargetkan pendidikan tinggi dan institusi akademik.

Sakai memiliki komunitas yang baik dan dapat digunakan untuk umpan balik dan peningkatan dalam pembelajaran. Itulah yang membuataplikasi ini begitu hebat. Keterlibatan masyarakat sangat penting untuk keberlanjutan dan pengembangan aplikasi Sakai yang berkelanjutan. Keterlibatan komunitas tidak terbatas pada forum dan permintaan fitur. Sakai memiliki grup aktif yang didedikasikan untuk aksesibilitas, internasionalisasi, dokumentasi, serta alat dan fungsionalitas khusus.

Komunitas pengajaran dan pembelajaran berisi pengembang, administrator akademik, dan instruktur, serta koordinator komunitas secara penuh.

6. Showbie

Showbie adalah aplikasi yang digunakan untuk menciptakan kelas online yang fokus pada pengajaran, dan bukan pada teknologi. Showbie menggabungkan semua alat penting yang dibutuhkan di ruang kelas tanpa kertas dalam satu aplikasi yang mudah digunakan.

Menggunakan Showbie tidak sama seperti platform pembelajaran lainnya karena lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk pengaturan teknologi Anda, dan lebih banyak waktu untuk mengajar dan belajar.

Selain pengaturan, Anda memiliki beberapa pembelajaran yang harus dilakukan. Fitur Showbie dirancang untuk memiliki ruang kelas yang terhubung dengan fokus pada umpan balik dan diskusi.

Showbie memungkinkan keterlibatan orang tua, diskusi dan kolaborasi antara siswa dan guru. Guru juga dapat mengatur grup pada topik yang berbeda dan mengundang semua siswa atau beberapa siswa yang dipilih. Ini memudahkan untuk membuat grup untuk diferensiasi dan pembelajaran yang dipersonalisasi. Ini juga mendorong siswa untuk lebih terlibat.

Fitur lainnya adalah alat penilaian, buku nilai, membuat dan memberikan tugas, portofolio siswa dan menambahkan catatan suara ke tugas siswa.

7. iTunes U

iTunes U sering dibandingkan dengan Showbie. Mengapa? iTunes U serta Showbie keduanyahampir sama baiknya. Itu membuat aplikasi tersebut lebih mudah digunakan di perangkat seluler daripada kebanyakan platform pembelajaran online lainnya.

Ada beberapa perbedaan meskipun. iTunes U juga berfokus pada perguruan tinggi dan universitas dan juga tersedia untuk siswa. Siswa dapat mendaftar di kursus tanpa izin guru mereka. Terdapat fitur perpustakaan dengan kursus menarik yang dapat dipilih siswa.

 

8. Google Classroom

Google Classroom sering dilupakan ketika berbicara tentang platform pembelajaran online.

Google Classroom adalah platform berbasis web gratis yang mengintegrasikan akun G Suite for Education Anda dengan semua layanan G Suite seperti Google Dokumen, Gmail, dan Google Kalender. Siswa dapat menggunakan Google dokumen, spreadsheet, formulir, slide, dan situs serta menyimpannya di folder yang benar. Berbagi menjadi begitu mudah.

Google classroom memudahkan untuk membuat kelas, mendistribusikan tugas, berkomunikasi, dan tetap teratur. Pengajar dapat dengan cepat melihat siapa yang telah atau belum menyelesaikan tugas, serta memberikan masukan dan nilai langsung secara real-time langsung di Google Classroom.

Tugas muncul di Google Kalender Anda. Ini adalah cara bagi siswa untuk melacak pekerjaan rumah mereka. Semua kelas memiliki warna yang unik. Itu membuat Anda dan siswa lebih terorganisir. Siswa bahkan dapat mengatur kalender untuk mendapatkan notifikasi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Tidak dapat menemukan platform yang tepat untuk pengajaran Anda? Anda harus melihat daftar ini. Tidak semua aplikasi pembelajaran dalam daftar ini adalah untuk sekolah, jadi sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum Anda atau sekolah Anda memulainya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *